Sunday, August 17, 2014

Kesehatan Masyarakat

Jumlah anak balita di Desa Kenderan Tahun 2011 adalah sejumlah 301 jiwa atau 5,46% dari jumlah penduduk tahun 2011, sedangkan tahun 2012 jumlah kelahiran bayi adalah 319  jiwa atau  5,74% persen dari jumlah penduduk tahun 2012.
Untuk mengetahui standar kesehatan balita, dilakukan dengan penerapan pola pelayanan terpadu di masing-masing banjar dinas yang dibimbing langsung oleh PLKB, dibentuklah  Bidan Desa melalui penerapan penimbangan balita di Posyandu.
Untuk meningkatkan sumber daya manusia terutama di kalangan ibu-ibu PKK dibentuklah kader-kader binaan balita. Cakupan imunisasi khususnya imunisasi dasar telah dilaksanakan secara rutin setiap bulan di masing-masing banjar dinas melalui penimbangan balita di Posyandu yang dikoordinir oleh petugas kesehatan Puskesmas Pembantu Desa Kenderan dan Puskesmas Tegallalang I.

 Cakupan Imunisasi di Desa Kenderan


No

Indikator Imunisasi

Jumlah

Keterangan
Tahun 2011
Tahun 2012
1
2
3
4
5
1
FOLIO.3
61
65

2
DPT.1
66
64

3
BCG
68
63



1.  Harapan Hidup Penduduk
Harapan  hidup penduduk Desa Kenderan menunjukkan, bahwa semakin muda kelompok umur penduduk harapan untuk hidup semakin tinggi, namun sebaliknya semakin tua kelompok umur penduduk harapan untuk hidup semakin rendah.
2. Cakupan Pemenuhan Air Bersih
Cakupan pemenuhan air bersih di Desa Kenderan pada umumnya tidak mengalami kesulitan, penduduk telah menikmati air bersih, yang digunakan untuk memasak, mandi, dan  mencuci adalah  PAM Desa dan mata air.

3.  Cakupan Kesehatan
Salah satu indikator kesehatan yang sangat penting diperhatikan di dalam meningkatkan kualitas derajat kesehatan lingkungan ( sanitasi kesehatan ) adalah kepemilikan jamban keluarga ( WC ). Total keluarga yang memiliki jamban keluarga/WC pada tahun 2011 adalah 1.050 KK, sedangkan pada tahun 2012 sebanyak 1.050 KK, begitu juga tempat pembuangan sampah. Setiap KK telah memiliki tempat pembuangan sampah. Sampah dikumpulkan  dan dikeringkan, setelah kering dibakar.

 Indikator Penggunaan Air Bersih Desa Kenderan

No

Indikator Penggunaan
Air Bersih

Jumlah

Keterangan
   Tahun 2011
Tahun 2012
1
Sumur Gali
Tidak ada
Tidak ada

2
PAM Desa
1.104 RT
1.105 RT

3
Mata Air
18
19


4. Pelayanan Kesehatan
Pusat pelayanan kesehatan masyarakat terdapat di Pustu Desa Kenderan dan Puskesmas Tegallalang I. Puskesmas Pembantu ( Pustu ) Desa Kenderan sebagai tempat pelayanan masyarakat Desa Kenderan, yang tempatnya sangat strategis tepatnya ada di Banjar Gunaksa.
Puskesmas Pembantu ( Pustu ) Desa Kenderan telah dilengkapi dengan tenaga profesional seperti bidan desa dan kunjungan dokter. Kunjungan masyarakat untuk memeriksakan kesehatnnya atau berobat di Puskemas Pembantu (Pustu) Desa Kenderan cukup banyak. Pemerintah Kabupaten Gianyar telah memberikan pengobatan gratis kepada keluarga miskin, di samping itu pula memberikan beras (raskin). Jumlah keluarga miskin di Desa Kenderan pada tahun 2012 adalah  379 KK, tersebar di 10 ( sepuluh )  Banjar Dinas.

5. Kesehatan Lingkungan
Selain indikator pelayanan kesehatan tersebut di atas sangat penting diperhatikan sanitasi lingkungan, lingkungan yang bersih akan menimbulkan kenyamanan dan keindahan serta kesehatan lingkungan dapat terjaga dan dilestarikan. Sebaliknya sanitasi lingkungan yang kotor dan kumuh akan berpeluang menimbulkan berbagai wabah penyakin. Di Desa Kenderan secara rutin tiap bulan sekali dilaksanakan gotong royong kebersihan dan program pembrantasan sarang nyamuk (PSN) yang bekerja sama dengan Dinas kesehatan Kabupaten Gianyar, Puskesmas Tegallalang II, Puskesmas Pembantu Desa Kenderan. Sasaran utamanya adalah membrantas jentik-jentik nyamuk dengan cara 3 M ( Menguras, Menutup dan Mengubur ) untuk mencegah penyakit demam berdarah.

Di samping program PSN juga dilaksanakan pencegahan profek flu burung dengan cara melaksanakan vaksinasi terhadap unggas dan penyemprotan secara rutin tempat pemeliharaan unggas. Dan bila ada unggas mati mendadak agar segera dilaporkan kepada instansi terkait atau petugas peternakan. Ternak yang mati agar segera dimusnahkan dengan cara membakar atau mengubur. Penyakir ini sudah banyak menggabil korban yang disebabkan oleh virus yang sampai saat ini belum ada obatnya.

Data Tingkat Perkembangan Kesehatan Masyarakat Desa Kenderan


  No

Indikator

Sub Indikator
Jumlah

Perkem
bangan
Tahun
2011
Tahun 2012
1
2
3
4
5
6
1
Kematian bayi
Jlm bayi lahir
62
60
Meningkat
Jml bayi mati
1
0
Meningkat
2



Gizi dan Kematian Balita


Jml Balita
262
252
Meningkat
Jml Balita gizi buruk



Jml balita gizi baik
338
317
Meningkat




Jml balita mati
1
-
Menurun
3
Cakupan imunisasi
Cakupan imunisasi polio
61
65
Meningkat
Cakupan imunisasi DPT
66
64
Meningkat
Cakupan imunisasi BCG
68
63
Meningkat
4
Angka harapan hidup




5
Cakupan pemenuhan kebutuhan air bersih
RT yang dapat air bersih
1.104
1.105
Meningkat
Penggunaan air sumur pompa
ada
ada
-
Penggunaan air sumur gali
Tidak ada
Tidak ada
-


Penggunaan mata air
18
19
Meningkat
Penggunaan air Hidram
Tidak ada
Tidak ada
-
Penggunaan air hujan
Tidak ada
Tidak ada
-
Penggunaan Embang
Tidak ada
Tidak ada
-
Penggunaan PAM Desa
Tidak ada
Tidak ada
-
Lain-lainnya
Tidak ada
Tidak ada
-
Total RT yang tidak dapat air bersih

18

19

Meningkat
6
Pemilikan jamban
Total RT punya WC
1.050
1.055
Meningkat
Total RT tidak punya jamban/WC

72

69

Menurun
Pengguna MCK
-
-
-

No comments:

Post a Comment