Sunday, August 17, 2014

Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga

Program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat tidak terlepas dari peran perempuan dalam pembangunan. Jika dikaitkan dengan pemberdayaan perempuan melalui kesetaraan gender sudah sepatutnya Pemeriuntah desa selalu berusaha meningkatkan peran serta kaum perempuan pada setiap kegiatan di Tingkat desa melalui berbagai program kegiatan organisasi PKK. Penyajian data dalam profil ini lebihh menitik beratkan pada realisasi 10 Program Pokok PKK dan keberadaan kelompok-kelompok kerja dasa Wisma dan Organisasi PKK. Adapun 10 Program Pokok PKK di antaranya adalah adalah sebagai berikut. 



           
A. POKJA I
-          Penghayatan dan Pengamalan Pancasila melalui pelaksanaan persembahyangan bersama, penyuluhan hukum, HIV/AIDS, membentuk pesantian dan lain-lain.
-          Gotong royong kebersihan lingkungan, kerja bakti memperbaiki tempat-tempat ibadah, mengadakan senam lansia dan mengadakan pengobatan gratis oleh Puskesmas Tegallalang II dan Rumah Sakit lainnya.
B. POKJA II
-          Pendidikan dan Keterampilan yaitu meningkatkan pengetahuan keluiarga mengenai tumbuh kembangnya anak, meningkatkan pengatahuan Kader Posyandu, cara berpakaian, menata rambut dan tata rias. Kegiatan lainnya meliputi kegiatan penyuluhan dan pembinaan BKB (Bina Keluarga Balita), mengaktifkan perpustakaan dan praktek memasak.
-          Pengembangan kehidupan berkoperasi, yaitu meningkatkan pengelolaan UP2K PP, mendorong terbentuknya koperasi, dan lain-lain.
C. POKJA III
-          Pangan : Tim Penggerak PKK Desa Kenderan telah melaksanakan Program bidang pangan yaitu memasyarakatkan makanan yang sehat dan bergizi, memanfaatkan tanah pekarangan dengan ditanami berbagai jenis tanaman yang dapat dimanfaatkan keluarga, serta selalu mengadakan pembinaan ke rumah-rumah.
-          Sandang : dengan mengadakan pembinaan cara memakai busana yang baik dan sopan sesuai dengan situasi dan kondisi bagi Ibu-Ibu dan remaja
-          Perumahan dan tata Laksana Rumah Tangga : memberikan pembinaan akan pentingnya penataan dan kebersihan rumah serta lingkungan yang sehat dan indah.
D. POKJA IV
-          Kesehatan : kegiatan di Posyandu bekerja sama dengan Puskesmas Pembantu Desa Kenderan dan Puskesmas Tegallalang I melaksanakan program-program Pemerintah di bidang Kesehatan. Kegiatan yang dilaksanakan berupa pemberian vitamin A, pembinaan akan pentingnya pemberian ASI pada bayi dan balita, pemberian makanan tambahan serta pelaksanaan penyuluhan-penyuluhan kesehatan lainnya terutama untuk pencegahan terdapatnya gizi buruk pada anak balita.
-          Kelestarian lingkungan hidup : dengan mengadakan penyuluhan tentang lingkungan yang bersih dan sehat termasuk saluran pembuangan air limbah serta penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA) di pekarangan.
-          Perencanaan Sehat : menghimbau kepada masyarakat agar melalui PKK Banjar dan Dasa Wisma mengadakan penyuluhan akan pentingnya Keluarga Berencana (KB) dan mengarahkan masyarakat supaya gemar menabung dan pola hidup sehat hidup sehat.

 Indikator Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga

No.
Indikator
Sub Indikator
Jumlah
Tahun 2011
Tahun 2012
1
2
3
4
5
1








 



Realisasi 10 Program Pokok PKK










1. Penghayatan dan Pengamalan
    Pancasila
5 keg.
10 keg.
2. Gotong royong
5 keg.
10 keg.
3. Pangan
5 keg
10 keg.
4. Sandang
5 keg.
10 keg.
5. Perumahan dan tata laksana
    Rumah Tangga
5 keg.
10 keg.
6. Pendidikan dan keterampilan
5 keg.
10 keg.



7. Kesehatan
5 keg.
10keg.
8. Pengembangan kehidupan
    berkoperasi
5keg.
10 keg.



9. Pelestarian Lingkungan hidup
5 keg.
10 keg.
10. Perencanaan Sehat
5 keg.
10 keg.
2
Organisasi PKK
Kelembagan


1. Kelompok Kerja
Ada
Ada
2. Kelompok Dasa Wisma
Ada
Ada

No comments:

Post a Comment