Sunday, August 17, 2014

Lembaga Kemasyarakatan

Lembaga kemasyarakatan sangat penting keberadaannya dalam mencapai tujuan bersama yang diharapkan oleh masyarakat. Lembaga kemasyarakatan berperan menstimulasi atau menampung informasi masyarakat berpartisipasi aktif dalam proses pembangunan secara dinamis.
Aktivitas organisasi perempuan di Desa Kenderan sangat dirasakan oleh masyarakat secara luas. Maka tanpa partisipasinya segala aktivitas yang ada di masing-masing banjar dan di masing-masing desa pakraman sulit berjalan dengan lancar.
Pemerintah Desa dalam melaksanakan Program-program desa, perempuan ikut aktif didalam proses pembangunan. Oraganisasi perempuan yang ada di desa di antaranya, 1 Organisasi Perempuan di tingkat Desa (PKK), 10 Organisasi Perempuan di tingkat Banjar Dinas, 10 Organisasi Perempuan dalam membina balita (BKB) Banjar dinas, serta UP2K dan Koperasi Perempuan.
Organisasi Pemuda di Desa Kenderan Karang Taruna bernama” Indra Loka” yang sekretariatnya berkedudukan di Desa Kenderan serta perkumpulan  Sekaa taruna yang tersebar dimasing-masing Banjar Dinas, yaitu :
1.      Sekaa Taruna Darma Nuraga
2.      Sekaa Taruna Kartika Yowana
3.      Sekaa Taruna Tangkas
4.      Sekaa Teruna Tri Amerta Asih
5.      Sekaa Teruna Guna Asih
6.      Sekaa Teruna Arista Bhuana
7.      Sekaa Teruna Sapta Darma
8.      Sekaa Teruna Darma Kerti
9.      Sekaa Teruna Tunjung Mekar
Di samping organisasi Pemuda, di masing-masing Banjar Dinas telah banyak juga berkembang organisasi-organisasi seperti Club Bola Volly, Bulu Tangkis, Tenis Meja, dan Catur. Dengan memajukan organisasi keolahragaan ini, sangat menunjang peningkatan kualitas generasi muda sebagai tulang punggung pembangunan desa dan bangsa. Dengan semboyan olah raga : Kita pupuk rasa persatuan dan kesatuan masyarakat. Di samping itu, di Desa Kenderan telah mulai ada sanggar-sanggar tari dan tabuh.
Sedangkan Lembaga Adat dalam pengelolaan pertanian atau irigasi dikenal dengan nama Subak. Lembaga Adat di Desa Kenderan terdapat 3 (Tiga)  Desa Pakraman

 Indikator Lembaga Kemasyarakatan Desa Kenderan

No.
Indikator
Sub Indikator
Keberadaan
1
2
3
4
1
Organisasi perempuan
Keberadaan Aktivitas
Ada
2
Organisasi Pemuda
Keberadaan Aktivitas
Ada
3
Organisasi Profesi
Keberadaan Aktivitas
Tidak ada
4
Organisasi Bapak
Keberadaan Aktivitas
Tidak ada
5
LKMD / LPM
Keberadaan Aktivitas
Ada
6
Kelompok Gotong-Royong
Keberadaan Aktivitas
Tidak ada
7
Karang Taruna
Keberadaan Aktivitas
Ada
8
Lembaga Adat
Lembaga Adat dalam
Pengelolaan hutan
Tidak ada
Lembaga Adat dalam pengelolaan
Pertanian/irigasi
Ada
Lembaga Adat dalam pengelolaan
Laut/pantai
Tidak ada


Lembaga adat dalam penyelesaian konflik warga
Ada
Lembaga Adat perkawinan
Ada
Lembaga Adat lainnya
-

No comments:

Post a Comment